Oleh: dpdri2009 | September 19, 2008

Apa Visi dan Misi nya

Ketika aku sedang akan menikmati santapan makan malam di sebuah warung makan di daerah jelutung kota Jambi sambil menunggu waktu nya untuk kontrol gigi. eh . . .tiba – tiba tel cell ku mengagetkanku. siapa lagi ini . . .ternyata seorang teman kuli tinta, ups sorry de . . .ade-ade wartawan, yang aku kurang jelas nama nya karna kondisi ku ketika itu sedang konsent mau menyantap hidangan yang telah tersedia di hadapanku.

Maaf bang mengganggu suara dari seberang terdengar saya . . .dari Jambi Independent bang, mau konfirmasi masalah pencalonan abang sebagai anggota DPD, Visi dan Misi nya.

Emang kamu benar-benar ganggu saya de . . .jawab saya karna saya udah siap-siap mau menyantap makanan. he . . .ketika itu saya hanya becanda.

Saya mau konfirmasi masalah pencalonan abang, iya . . . jawab saya tanggal 7 insya allah saya mundur dari KPU Kota Jambi dan tanggal 9 saya mendaftarkan diri ke KPU Prop Jambi sebagai calon Anggota DPD RI.

Apa Visi dan Misi nya bang . . . he . . .sambil ketawa saya jawab kalau berbicara Visi dan Misi ga mungkin bisa saya jelaskan via telpon de . . karna pemaparannya ga mungkin selesai 1-2 menit. di seberang sana dia juga tertawa, he . . .iya bang memang benar ga mungkin via telpon dia benarkan saya., tapi . . abng bisa tlng jelaskan garis besar nya saja  . . ok .  . .Visi itu bahasa sederhana nya khayalan de . . jawab saya,  khayalan  yang positif, dan jelas untuk kepentingan masyarakat dan Propinsi jambi di masa yang akan datang. sedangkan misi adalah proses atau cara untuk mencapai Visi yang dimaksud jadi pemaparannya cukup panjang dan luas serta ga bisa via telpon de pasti nya. jadi intinya saya menginginkan segala yang positif dan baik untuk masyarakat dan propinsi jambi di masa yang akan datang.

Bagaimana sikap abang terhadap keluhan anggota DPD selama ini terhadap terbatas nya wewenang, kekuasaan DPD yang tidak seperti DPR sehingga mereka tidak bisa berbuat untuk kepentingan masyarakat, lanjut nya DPD terbatas hanya dalam kapasitas usulan tidak ikut memutuskan seperti DPR. jawab saya kalau wewenang nya mau sama dengan DPR jangan jadi anggota DPD dong . . jadi anggota DPR aja, jadi sma hak-hak DPR akan mereka miliki. he . . .mungkin itu jawaban orang-orang yang kelaparan. Secara konsep semua yang diatur undang-undang itu sudah benar de . . dengan sistem parlemen bikameral atau dua kamar DPR mewakili kelompok atau golongan sedangkan DPD mewakili daerah dan seharus nya DPD dan DPR harus saling mengisi dan saling chek and balance, kalau wewenang,kekuasaan DPD dan DPR disamakan antara DPD dan DPR nantinya bukan malah saling mengisi tapi malah saling bertabrakan, sekarang tinggal bagaimana DPD memaksimalkan peranan berdasarkan wewenang dan kekuasaan yang diberikan oleh undang-undang sehingga DPD dapat se maksimal mungkin memberikan kontribusi dalam kehidupan bernegara demi kemakmuran,kesejahteraan dan kemajuan masyarakat di masa yang akan datang, ini hanya masalah bagaimana DPD bisa me manage dan me maksimalkan semua wewenang dan kekuasaan yang mereka miliki dan bagiman mereka me maksimalkan peranan mereka.

DPD kan hanya se batas mengusulkan alasan nya selama ini bang . . .benar jawab saya . . .oleh karna itu DPD harus pandai memainkan peranannya dan menaikkan bergaining potition nya, sehingga usulan mereka bisa di terima dan di sah kan . . .contoh propinsi jambi empat orang anggota DPD di back up dengan tujuh anggota DPR RI yang berasal dari berbagai partai politik yang mayoritas tujuh parpol besar pemenang pemilu tahun 2004, tinggal sekarang bagimana para anggota DPD tersebut memainkan peranannya sehingga mereka bisa berkomunikasi bahkan menytukan persepsi serta visi dan misi prop jambi bersama tujuh anggota DPR tersebut untuk kepentinga masyarakat jambi. Saya pikir kalau untuk yang nama nya kebaikan dan kebenaran semua orang akan dengan senang hati untuk memperjuangkannya. contoh ormas seperti NU dan Muhammaddiyah mereka tidak diberikan wewenang dan kekuasaan oleh undang-undang dan negara akan tetapi mereka bisa memainkan peranannya dan memiliki bergaining potition di dalam kehidupan bernegara sehingga mereka bisa memberikan kontribuisi untuk kebaikan masyarakat di dalam kehidupan ber negara.

he . .benar juga ya bang . . .jawab nya, terima kasih atas waktu nya bang dan mohon maaf sudah ganggu waktu nya.

Responses

  1. he . . . .


Tinggalkan Balasan

Kategori

