Oleh: dpdri2009 | Juni 9, 2008

Sistem Politik

Politik itu adalah pola manajemen kolektif suatu kumpulan masyarakat dalam rangka mengatur sesuatu yang menyangkut batas-batas kepentingan,hak dan kewajiban masing-masing atau bersama-sama,dalam rangka memproses dan mencapai upaya penyejahteraan hidup yang mereka rundingkan dan sepakati. dengan demikian politik bisa berarti tata negara,tata kerajaan,tata masyarakat juga tata adat. jadi tergantung spektrum sosiologis masyarakat yag dimaksud.

Politik harus berpihak kepada kepentingan masyarakat, ideal nya sistem politik harus selalu memperjuangkan kepentingan masyarakat, bukan kepentingan pasar bebas,kapitalisme global dsb. meskipun harus memakai sistem-sistem tertentu, politik harus berdasarkan kebudayaan,norma dan etika, tanpa bisa di intervensi untuk memudahkan sistem-sistem atau kepentingan-kepentingan tertentu.

oleh karena itu politik adalah kebersamaan,kebersamaan sosial,saling memperhatikan kesejahteraan satu sama lain, saling memperjuangkan kepentingan satu dan yang lain dan membutuhkan naluri kewarganegaraan, bagaimana manusia tetap dimanusiakan, serta harus kembali memanusiakan diri.

kepentingan kolektif masyarakat adalah tujan utama dari politik, demi tercapainya kesejahteraan, keadilan dalam masyarakat, dan harus selalu mengakar kepada kebudayaan masyarakat yang dimaksud.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: